Kamis, 22 November 2007

Tampilan pada Rangkaian Digital


Tampilan Alfanumerik
Tampilan alfanumerik biasa digunakan untuk menampilkan pembacaan alat ukur digital atau data digital lain atau system mikoprosesor. Sejumlah teknik bisa digunakan untuk menampilkan bilangan atau sejumlah alphabet dan sejumlah karakter lain seperti tanda Tanya atau tanda seru. Jenis yang paling sering digunkan adalah tampilan tujuh segmen yang cocok untuk system decimal dan heksadesimal. Teknik lain adalah dengan menggunakan matrik titik yang mempunyai kualitas yang lebih baik dan cacah karakter yang lebih banyak.


Tampilan Tujuh Segmen
Jenis tampilan ini terdiri dari tujuh segmen terpisah yang diberi label a sampai g seperti disajikan pada gambar disamping. Tujuh segmen merupakan cacah segmen minimum yang diperlukan untuk menampilkan angka 0 sampai 9. Sejumlah karakter alfabet juga bisa disajikan menggunakan tampilan tujuh segmen ini.

Tampilan tujuh segmen mempunyai dua tipe, yaitu: Light Emitting Diode(LED) dan liquid crystal(LCD). Tipe LCD memerlukan daya yang sangat kecil untuk mengoperasikannya disbanding dengan tipe LED, sehingga banyak digunakan untuk perangkat-perangkat portable dimana kebutuhan daya merupakan pertimbangan utama. Tetapi, tampilan LED dapat dilihat dalam kegelapan, sedangkan LCD memerlukan cahaya yang cukup di sekitarnya.

Tidak ada komentar: